PENGERTIAN
ILMU ALAMIAH DASAR
1.1 PENGERTIAN
DAN RUANG LINGKUP ILMU ALAMIAH DASAR
1. PENGERTIAN
ILMU ALAMIAH DASAR
Ilmu
alamiah dasar adalah dipenggal dari 3 suku kata yaitu ilmu artinya ilmu
pengetahuan manusia dan alamiah artinya dengan sendirinya dan dasar artinya
pemulaan suatu bentuk.Istilah ini berasal dari eropa daratan, yang mana istilah
ini masuk Indonesia pada zaman yang berbeda-beda.Ilmu alamiah dapat dilihat
dalam arti luas dan dalam arti sempit.Dalam arti luas ilmu mencakup semua
pengetahuan.
Ilmu
alamiah dasar jadi adalah kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar
dalam bidang pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia atau bisa disebut
dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji
tentang gejala dalam alam semesta termaksud dimuka bumi sehingga terbentuk
konsep dan prinsip. Dan ilmu alamiah dasar itu hanya mengkaji konsep dan
prinsip dasar .bagian dari ilmu alamiah dasar juga meliputi perciptaan sebuah
manusia yang telah diberikan akal untuk berfikit,lahirnya sebuah ilmu alamiah,
keterbatasan ilmu alamiah, pembagian ilmu pengetahuan tersebut.
Jadi,
pengertian ilmu alamiah yang saya ketahui itu adalah pengetahuan dasar yang
mempelajari alam semesta,dan dapat dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya
ilmu pengetahuan alam. Yang dapat dipelajarinya dengan cara metode-metode atau
prinsip-prinsip yang tidak dapat lepas dari kenyataan (realitas).
2. RUANG
LINGKUP ILMU ALAMIAH DASAR
A.
Kelahiran
alam semesta
I.
Mengenal
alam semesta
II.
Teori
terbentuknya alam semesta
a.
Teori
ledakan
Teori ledakan ini
bertolak adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat besar, meledak dengan
hebat karena adanya reaksi ini. Massa itu kemudian berserakan mengembang dengan
sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan.
b.
Teori
ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini
berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan alam semesta yaitu masa
ekspansi dan masa kontraksi diduga bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu
30.000 juta tahun.
B.
Tata
surya
Surya
adalah kata lain dari matahari. Tata surya artinya adanya suatu organisasi yang
teratur pada matahari. Terbentuknya tata surya
I.
Hipotesis
Nebular
II.
Hipotersis
Planettesimal
III.
Teori
Tidal
C.
Bumi
Teori
tentang kejadian bumi:
i.
Teori
Kant Laplace
Dialam raya sudah ada
alam yang telah berputar makin lama makin mendingin. Perputaran ini
mengakibatkan pendataran dibagian kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian
khatulistiwanya yang merupakan daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran
semakin cepat, bagian tersebut akan terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil
kondensasi akhirnya, menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal
tersebut menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet.
ii.
Teori
Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan
suatu teori tentang matahari dan bumi, teorinya terkenal dengan teori
plenetesimal.
iii.
Teori
Jean dan Jefreys
Bintang besar yang
jauh lebih besar dari matahari memiliki gaya tarik yang sangat kuat terhadap
matahari, akibatnya akan terjadi gelombang pasang pada permukaan matahari yang
menyerupai gunung yang sanat tinggi dan menyerupai lidah raksasa yang berupa
gas sangat panas selanjutnya mengalami pemadatan kemudian pecah menjadi
benda-benda tersendiri yang disebut planet.
D.
Asal
mula kehidupan dibumi
I.
Generation
spontaniea
II.
Cozmozoa
III.
Omne
vivum ex vivo
IV.
Omne
ovo ex vivo
PEKEMBANGAN ALAM
PIKIRAN MANUSIA
1.2 BAGAIMANA
ALAM PIKIRAN MANUSIA BERKEMBANG DAN BAGAIMANA MANUSIA SELALU BERUSAHA MEMUASKAN
KEINGIN TAHUNYA
1)
BAGAIMANA
ALAM PIKIRAN MANUSIA BERKEMBANG
Dibandingkan dengan mahluk lainya jasmani seorang manusia adalah
lemah sedangkan rohani, akal budi dan kemauannya sangat kuat. Manusia tidak
mempunyai tanduk, taji ataupun sengat maka untuk membela diri terhadap serangan
dari mahkluk lainnya dan untuk melindung diri terhadap pengaruh lingkungan yang
merugikan manusia harus memafaatkan akal budinya yang sangat
cemerlang.Kemauannya yang sangat keras itu menyebabkan manusia dapat
mengendalikan jasmaninya.Hal ini dapat menimbulkan efek negative terhadap
manusia contohnya manusia dapat mogok makan dapat minuman keras sampai mabuk
bahkan bunuh diri.Kalau tubuh mendapat pengaruh yang negative dari lingkungan
maka timbul reaksi yang mendorong tubuh melepaskan diri dari lingkungan yang
dapat merugikan diri sendiri Tetapi kemauan keras dapat memaksa tubuh supaya
tetap menerima pengaruh yang negatif itu. Jadi, sifat unik manusia itu adalah
akal budi dan kemauannya menaklukkan jasmaninya
2)
BAGAIMANA
MANUSIA SELALU BERUSAHA MEMUASAKAN KEINGIN TAHUNYA
Dengan pertolongan akal budinya manusia dapat menemukan
berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang
merugikannya. Akan tetapi adanya akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu
yang selalu berkembang. Dengan kata lain, rasa ingin tahu itu tidak pernah
dapat dipuaskan. Akal budi manusia tidak pernah puas dengan pengetahuan yang
telah dimilikinya.Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai
kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang
muncul di dalam pikirannya.Kegiatan yang dilakukan manusia itu kadang-kadang
kurang serasi dengan tujuannya sehingga tidak dapat menghasilkan
pemecahan.Tetapi kegagalan biasanya tidak menimbulkan rasa putus asa, bahkan
seringkali justru membangkitkan semangat yang lebih menyala-nyala untuk
memecahkan persoalan. Dengan semangat yang makin berkobar ini diadakanlah
kegiatan-kegiatan yang dianggap lebih serasi dan dapat diharapkan akan
menghasilkan penyelesaian yang memuaskan.
MITOS, PENALARAN
DAN CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN
1.3 MEMBEDAKAN
PENGERTIAN MITOS, LEGENDA DAN CERITA RAKYAT
I.
MITOS
cerita
prosa rakyat yang ditokohi para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di
dunia lain (kayangan) dan dianggap benar – benar terjadi oleh empunya cerita
atau penganutnya.
Mitos
pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas
binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan
sebagainya.Mitos itu sendiri, ada yang berasal dari Indonesia dan ada juga yang
berasal dari luar negeri.
II.
Legenda
cerita
prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang
benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai
sejarah kolektif .Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut
telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah
aslinya.
III.
Cerita
rakyat
kekayaan
budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat
mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu
tempat.Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan
dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.Fungsi Cerita rakyat selain sebagai
hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama cerita rakyat yang
mengandung pesan-pesan pendidikan moral.
Perbedaan
antara mitos, legenda dan cerita rakyat yaitu mitos adalah cerita yang belum
jelas terjadinya karena tidak ada bukti otentik yang bisa membuktikan
kebenarannya.Sedangkan Legenda adalah cerita rakyat dimasa lampau yang
benar-benar terjadi dan biasanya memiliki bukti otentik. Dan Cerita Rakyat itu
biasanya cerita tentang kebudayaan asal muasal suatu tempat atau kejadian .
1.4 MENYEBUTKAN
CONTOH DARI MITOS, LEGENDA DAN CERITA RAKYAT
a)
Mitos
contohnya
Anak
gadis dilarang keras makan di depan pintu, katanya bisa batal dilamar orang alias
balik kucing. (ini mitosnya). Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan di
depan pintu, fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja. Kalau memang
makan ya di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. Hubungan dengan
yang nglamar balik lagi apa ya ?otomatis balik, semua cowok pasti pengen calon
istri yang punya sopan santun, lah kalau makannya di depan pintu dan berdiri
pasti ilfeel (ntar disangka kuda, kan makannya kuda berdiri). Karena itu ga
jadi nglamar.
b)
Legenda
contohnya
Legenda
Candi Prambanan
Di
dekat kota Yogyakarta terdapat candi Hindu yang paling indah di Indonesia.
Candi ini dibangun dalam abad kesembilan Masehi. Karena terletak di desa
Prambanan, maka candi ini disebut candi Prambanan tetapi juga terkenal sebagai
candi Lara Jonggrang, sebuah nama yang diambil dari legenda Lara Jonggrang dan
Bandung Bondowoso. Beginilah ceritanya.
Konon
tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka.Beliau bertahta di
Prambanan.Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya.Meskipun
demikian, kalau sudah takdir, akhirnya dia kalah juga dengan Raja Pengging.
Prabu Baka meninggal di medan perang. Kemenangan Raja Pengging itu disebabkan
karena bantuan orang kuat yang bernama Bondowoso yang juga terkenal sebagai
Bandung Bondowoso karena dia mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung.
Dengan
persetujuan Raja Pengging, Bandung Bondowoso menempati Istana Prambanan.Di sini
dia terpesona oleh kecantikan Lara Jonggrang, putri bekas lawannya — ya, bahkan
putri raja yang dibunuhnya. Bagaimanapun juga, dia akan memperistrinya.
Lara
Jonggrang takut menolak pinangan itu. Namun demikian, dia tidak akan
menerimanya begitu saja. Dia mau kawin dengan Bandung Bondowoso asalkan
syarat-syaratnya dipenuhi.Syaratnya ialah supaya dia dibuatkan seribu candi dan
dua sumur yang dalam.Semuanya harus selesai dalam waktu semalam.Bandung
Bondowoso menyanggupinya, meskipun agak keberatan.Dia minta bantuan ayahnya
sendiri, orang sakti yang mempunyai balatentara roh-roh halus.
Pada
hari yang ditentukan, Bandung Bondowoso beserta pengikutnya dan roh-roh halus
mulai membangun candi yang besar jumlahnya itu. Sangatlah mengherankan cara dan
kecepatan mereka bekerja. Sesudah jam empat pagi hanya tinggal lima buah candi
yang harus disiapkan. Di samping itu sumurnya pun sudah hampir selesai.
Seluruh
penghuni Istana Prambanan menjadi kebingungan karena mereka yakin bahwa semua
syarat Lara Jonggrang akan terpenuhi. Apa yang harus diperbuat? Segera
gadis-gadis dibangunkan dan disuruh menumbuk padi di lesung serta menaburkan
bunga yang harum baunya.Mendengar bunyi lesung dan mencium bau bunga-bungaan
yang harum, roh-roh halus menghentikan pekerjaan mereka karena mereka kira hari
sudah siang. Pembuatan candi kurang sebuah, tetapi apa hendak dikata, roh halus
berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung
Bondowoso menyelesaikannya.
Keesokan
harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main
marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan — tidak akan ada orang
yang mau memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua. Sedangkan Lara
Jonggrang sendiri dikutuk menjadi arca.Arca tersebut terdapat dalam ruang candi
yang besar yang sampai sekarang dinamai candi Lara Jonggrang.Candi-candi yang
ada di dekatnya disebut Candi Sewu yang artinya seribu.
c)
Cerita
rakyat contohnya
Kelelawar
Yang Pengecut
Di
sebuah padang rumput di Afrika, seekor Singa sedang menyantap makanan.
Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanan kepunyaan
Singa.“Kurang ajar” kata singa.Sang Raja hutan itu sangat marah sehingga
memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap
bangsa burung.
“Mulai
sekarang segala jenis burung adalah musuh kita”, usir mereka semua, jangan
disisakan !” kata Singa. Binatang lain setuju sebab mereka merasa telah
diperlakukan sama oleh bangsa burung. Ketika malam mulai tiba, bangsa burung
kembali ke sarangnya.
Kesempatan
itu digunakan oleh para Singa dan anak buahnya untuk menyerang.Burung-burung
kocar-kacir melarikan diri.Untung masih ada burung hantu yang dapat melihat
dengan jelas di malam hari sehingga mereka semua bisa lolos dari serangan singa
dan anak buahnya.
Melihat
bangsa burung kalah, sang kelelawar merasa cemas, sehingga ia bergegas menemui
sang raja hutan. Kelelawar berkata,”Sebenarnya aku termasuk bangsa tikus,
walaupun aku mempunyai sayap.Maka izinkan aku untuk bergabung dengan
kelompokmu, Aku akan mempertaruhkan nyawaku untuk bertempur melawan
burung-burung itu”.Tanpa berpikir panjang singa pun menyetujui kelelawar masuk
dalam kelompoknya.
Malam
berikutnya kelompok yang dipimpin singa kembali menyerang kelompok burung dan
berhasil mengusirnya.Keesokan harinya, menjelang pagi, ketika kelompok Singa
sedang istirahat kelompok burung menyerang balik mereka dengan melempari
kelompok singa dengan batu dan kacang-kacangan.“Awas hujan batu,” teriak para
binatang kelompok singa sambil melarikan diri. Sang kelelawar merasa cemas
dengan hal tersebut sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan
kelompok burung. Ia menemui sang raja burung yaitu burung Elang. “Lihatlah
sayapku, Aku ini seekor burung seperti kalian”.Elang menerima kelelawar dengan
senang hati.
Pertempuran
berlanjut, kera-kera menunggang gajah atau badak sambil memegang busur dan anak
panah.Kepala mereka dilindungi dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak
mempan dilempari batu. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan
kelelawar ?.Ia bolak balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut
dan tidak berpendirian yang dimiliki kelelawar lama kelamaan diketahui oleh
kedua kelompok singa dan kelompok burung.
Mereka
sadar bahwa tidak ada gunanya saling bermusuhan.Merekapun bersahabat kembali
dan memutuskan untuk mengusir kelelawar dari lingkungan mereka. Kelelawar
merasa sangat malu sehingga ia bersembunyi di gua-gua yang gelap. Ia baru
menampakkan diri bila malam tiba dengan cara sembunyi-sembunyi
1.5 MENJELASKAN
KEMBALI BAGAIMANA CARA MANUSIA MEMPEROLEH PENGETAHUAN
Pengetahuan
manusia dimulai dari rasa ingin tahu manusia itu sendiri.Rasa ingin tahu ini
sudah dimiliki manusia sejak kecil. Banyak cara untuk memuaskan rasa ingin tahu
manusia. Anak yang belum dapat bertanya senang mencoba-coba hal yang tidak
diketahuinya.Sebagai contoh, anak kecil senang memasukan barang-barang ke dalam
mulutnya hanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Di tahap selanjutnya
anak-anak akan banyak bertanya contohnya “itu apa ?”, “ini bagaimana?” itu hal
yang lumrah dilewati oleh manusia untuk pengembangan diri. Rasa ingin tahu
tersebut akan terpuaskan bila diperoleh pengetahuan yang dia pertanyakan dengan
hal yang benar.
Pengetahuan
dapat diperoleh kebenarannya dari dua pendekatan, yaitu pendekatan non-ilmiah
dan ilmiah.Pada pendekatan non ilmiah ada beberapa pendekatan yakni akal sehat,
intuisi, prasangka, penemuan dan coba-coba dan pikiran kritis.
1.6 MENJELASKAN
KEMBALI BAGAIMANA MANUSIA BEGITU MUDAH MENERIMA MITOS MENERIMA MITOS KARENA
AKIBAT KETERBATASAN PENALARAN DAN KEINGINTAHUANNYA UNTUK SEMENTARA DAPAT
TERJAWAB
Rasa ingin tahu manusia ternyata
tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan ataupun pengalaman.Untuk
itulah, manusia mereka-reka sendiri jawaban atas keingintahuannya itu. Sebagai
contoh: “Apakah pelangi itu?”, karena tak dapat dijawab, manusia mereka-reka
jawaban bahwa pelangi adalah selendang bidadari. Jadi muncul pengetahuan baru
yaitu bidadari. Contoh lain: “Mengapa gunung meletus?”, karena tak tahu
jawabannya, manusia mereka-reka sendiri dengan jawaban: “Yang berkuasa dari
gunung itu sedang marah”. Dengan menggunakan jalan pemikiran yang sama
muncullah anggapan adanya “Yang kuasa” di dalam hutan lebat, sungai yang besar,
pohon yang besar, matahari, bulan, atau adanya raksasa yang menelan bulan pada
saat gerhana bulan. Pengetahuan baru yang bermunculan dan kepercayaan itulah
yang kita sebut dengan mitos.Cerita yang berdasarkan atas mitos disebut
legenda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar