BAB 1
A.
PENGERTIAN ISD
Yaitu ilmu yang mempelajari masalah-masalah
sosial, khususnya masalah2 yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan
menggunakan Teori2 (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial,
Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan
Sejarah) MK.
B. \ 3 KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN
Berdasarkan
sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu maka ilmu
pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu :
1.
Ilmu
Pengetahuan Alam (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan
mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum
yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk
menentukan suatu kualitas. Istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu
dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum,
berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah
mempelajari tentang metode – metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala –
gejala alam secara lebih filosofis.
2.
Ilmu
Pengetahuan Sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan
untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara
manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari
ilmu-ilmu alamiah.
3.
Pengetahuan
budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang
bersifat unik, kemudian diberi arti. ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap
bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih
berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H
ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa),
Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu
ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan
sehari- hari dalam manusia.
C.
TUJUAN
TUJUAN ISD
1. Memahami dan menyadari adanya masalah-masalah
sosial yang ada dalam masyarakat.
2. Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah
laku yang baik dalam masyarakat. agar tidak terjadi keributan ataupun
kericuhan.
3. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan
tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.
D.
PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ISD DAN IPS
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
1.
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan
program pendidikan.
2.
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial.
Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
1.
Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu
Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
2.
Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal
sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
3.
Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap
dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan
pengetahuan dan keterampilan intelektual.
E.
3 GOLONGAN BAHAN PELAJARAN ISD
Bahan pelajaran Ilmu
Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
1.
kenyataan-kenyataan sosial yang ada dala mmasyarakat,
yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.
konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian
tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemnter
saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang
dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
- masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang
lainnya berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar